Maknai HUT 100 Tahun Kota Kefamenanu, Pemkab TTU Gelar Berbagai Rangkaian Kegiatan

Wakil Bupati TTU Eusabius Binsasi, saat dikunjungi media di ruang kerjanya, kamis 15 september 2022, foto : LK

DetikFlores.Com || Kefamenanu – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kota Kefamenanu ke – 100 tahun, pemerintah Kabupaten Timur Tengah Utara ( TTU ) telah melakukan berbagai kegiatan kegiatan yang sudah di lakukan sejak beberapa bulan lalu .

“Iya adik, memang banyak kegiatan yang telah kami lakukan untyk menyambut HUT yang ke 100 kota Kefamenanu, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat Timor Tengah Utara  agar mengikuti seluruh proses pembangunan terlebih saat sesudah kota ini berumur 100 tahun, dan memang kita harus bersyukur kegiatan ini di lakukan ketika covid ini sudah berkurang , artinya di kefa ini sudah  mencapai titik nol sehingga bisa di selenggarakan  berbagai kegiatan dalam rangka HUT kota Kefa ini” Hal ini disampaiakan oleh Wakil Bupati TTU Eusabius Binsasi, di ruang kerjanya,  kamis 15 september 2022.

Eusabius menambahakan sebuah kehormatan dan apresiasi yang sangat besar kepada media yang sudah membantu untuk menyampaikan ke masyarakat tentang persiapan persiapan pemkab TTU dalam rangka menyongsong HUT ke 100 tahun Kefamenanu.

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih, kepada rekan rekan media yang mana sudah datang untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan yang kami lakukan di kabupaten TTU dalam rangka  memperingati HUT kota Kefamenanu ke – 100 ” Ungkapnya

Lebih lanjut Eusabius menjelaskan Adapun kegiatan – kegiatan olahraga yang telah di laksanakan diantaranya ada sepak bola , Volleyball, Tenis meja dan lain -lain bahakan nanti ditanggal 20 ini akan di gelar  Tinju di kota kefa ini . Lanjutnya selain kegiatan olahraga ada kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata dan kebudayaan seperti tarian-tarian, fashion show, dan lomba menenum.

” iya ade berbagi kegiatan lomba itu sudah kita jalani sehingga dari kegiatan tersebut kita bisa memperkenalkan daerah ini kepada masyarakat dan kegiatan itu di buat pameran pembangunan yang sudah di buka sejak tanggal 10  dan akan berakhir pada puncak perayaan tanggal 22 september 2022. Dalam beberapa  malam selalu masih ada kegiatan seni yang kita lakukan untuk membangkitkan kesadaran seni tradisional sekaligus mempromosikan wisata budaya kepada masyarakat,” jelasnya

Dari rangkaian kegiatan ini yang terakhir akan di lakukan Napaktilas untuk mengenang kembali sejarah berdirinya kota kefa. Napaktilas merupakan salah satu cikal bakal embrio lahirnya Kabupaten TTU Provinsi NTT. Setiap bulan September diperingati sebagai peristiwa bersejarah. Pada momentum itu pemerintah daerah merayakan dengan salah satu kegiatannya yakni Napak Tilas.

” Napaktilas merupakan agenda tahunan dalam perayaan HUT Kota Kefamenanu bukan saja menjadi sebuah acara seremonial semata, namun menjadi momentum penting untuk membuka kembali lembaran sejarah lahirnya ibu kota Kabupaten tercinta dengan mengambil pelajaran berharga dari nilai-nilai patriotisme, persatuan, dan pengorbanan para pendahulu, pahlawan daerah dan bangsa ini,” Katanya.

Lanjutnya Eusabius mengungkapkan Makna dari kegiatan tersebut yang pertama mengajak masyarakat melawan Lupa terutama pada anak anak generasi muda agar mengingat kembali sejarah perjalanan  berdirinya kota ini  dengan mengadakan Napaktilas, dan yang kedua itu kami ingin menunjukkan kepada dunia , kepada masyarakat tentang perkembangan pembangunan yang berada di daerah ini, di samping itu ada Pasar Raya perlu dibuka peluang kepada masyarakat karena banyak UMKM yang sudah berkembang di daerah ini, ini memberi peluang bagi mereka memasarkan hasilnya dan meperkenalkan  kepada masyarakat karena banyak UMKM yang sudah berkembang di daerah ini.

Ke tiga adalah kegiatan pariwisata, yang juga  memperkenalkan kepada dunia bahwa daerah ini juga kaya akan wisata budaya dan wisata alam. wisata budaya tadi saya Sebutkan kreasi yang dibuat untuk itu tapi wisata alam kita perkenalkan melalui ada beberapa kegiatan kemarin ada lomba mobil Racing , motor cross , mobil Jeep dan mereka memerkenalkan melalui jalur yang jarang di lewati kendaraan umum agar tidak mengganggu arus lalulintas , komunitas Toyota- Kijang  dan  lomba dayung perahu di pantai .

Kegiatan ini melibatkan seluruh masyarakat, karena pameran pembangunan ini mulai dari tingkat ,Desa, kecamatan, sampai ke pemerintah daerah dan pasar rakyat ini terbuka untuk seluruh masyarakat.

Untuk di ketahui perayaan puncak HUT Kota Kefamenanu yaitu tanggal 22 September 2022. ( LK )

error: Content is protected !!