Miris ! 27 Tahun Tak Dapat Perhatian Pemerintah, Warga Perbaiki Jalan Gunakan Dana Swadaya

Warga Rt 11 RW 005 Kelurahan Sikumana, kecamatan Maulafa, Kota Kupang, bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak, foto : LK

DetikFlores.Com || Kupang – Warga Rt 11 RW 005 Kelurahan Sikumana, kecamatan Maulafa, Kota Kupang  bergotong royong memperbaiki jalan rusak di wilayah setempat agar tidak membahayakan pengendara, pengguna jalan. Kondisi jalan yang rusak parah dan memprihatinkan itu kini dapat di perbaiki menggunakan swadaya masyarakat.

Ketua RT 11 Kelurahan Sikumana  Petrus Bere kepada media Saat di mintai tanggapan Terkait kondisi fisik  jalan  yang sementara  di kerjakan itu ,Minggu (18/09/2022) mengatakan bahwa
jalan rusak yang diperbaiki warga tersebut merupakan akses bagi warga di Beberapa Rt bertahun – tahun menunggu senruhan dari Pemerintah setempat  tapi tak kunjung terealisasi, jalan ini memang sudah pernah diusulkan berulangkali  namun tidak pernah ada respon.

“Sekitar 27 tahun tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah kota maupun kelurahan walaupun sudah berulangkali diusulkan,” Ungkapnya

Petrus mengatakan bahwa,  kita tidak mau mengharapkan bantuan pemerintah namun ini murni inisiatif  RT bersama warga demi kelancaran akses jalan ini.

” Gang sepanjang 500 meter ini belum diperbaiki sekian lama tahun,meskipun sudah usulkan berkali- kali,” kata Petrus.

Petrus Bere menegaskan bahwa tidak ada unsur politik dari kegiatan hari ini,karena murni dari kemurahan  Tuhan serta swadaya warga.

“Dana yang diperoleh atas kemurahan Tuhan Yesus serta swadaya masyarakat, dari kandidatpun tidak ada  ,”ujar Petrus.

Ia mengungkapkan ada tiga titik jalan dan duanya  sudah selesai sisa satu sehingga kita berusaha untuk menyelesaikan semua.

Petrus menyebut bahwa ada 640an jiwa dari  190 Kepala Keluarga  dan semoga jalan terbentuk bisa menyentuh hati pemerintah atau singkatnya para pejabat yang peduli terhadap kebutuhan warga.

Salah satu warga menambahkan masyarakat yang mulai jenuh dengan kondisi jalan yang tak kunjung dikerjakan kemudian berinisiatif memperbaiki sendiri. Mereka menggunakan dana swadaya masyarakat sekitar.

”  saya disini sejak tahun 1994 jalan ini awalnya swadaya masyarakat, kita menunggu Bansos  pemerintah ini untuk  Diperbaiki,tetapi tidak di tanggapi,” Ungkap Barnabas pria 65 Tahun tersebut

Semangat Gotong royong dan swadaya nampak terlihat antara warga bersama aparat pemerintah RT 11 RW 005 Kelurahan Sikumana  mengerjakan  jalan  sepanjang 500 meter yang menghubungkan warga di beberapa RT. ( LK )

error: Content is protected !!